Thursday, June 28, 2012

Jakarta Baru

Apa itu Jakarta Baru ?

Pembaharuan memang terus terjadi pada Jakarta. Namun sepertinya pembaharuan itu tidak membuat Jakarta semakin baik. Yang baru ada gedung-gedung tinggi, mal-mal mewah, apartemen-apartemen mewah, supermarket-supermarket besar yang rasanya semua hal itu terlalu berlebihan ada di tengah-tengah kota jakarta.

Kesemerawutan merupakan sebuah tanda dari ketiadaan Grand Design atau rancangan besar kota yang dibangun secara berkelanjutan. Ganti kepemimpinan ganti kepentingan. Rancangan Besar Tata Kota itu berorientasi pada kepentingan orang banyak sehingga desain tata kota diatur sesuai dengan rancangan bersama bukan diatur suka-suka yang berkuasa demi kepentingan golongan tertentu.

Jadi dengan hanya melihat desain tata kota kita dapat mengetahui apakah kota tersebut dibangun untuk kepentingan orang banyak atau kepentingan segelintir elit. Karena tentu tidak mudahlah mengatur sebuah kota dan pastinya harus mengorbankan kepentingan beberapa pihak demi pihak yang lebih banyak yakni rakyat. Kesemerawautan ada karena pihak-pihak tertentu tidak mau dikorbankan demi kepentingan yang lebih besar. Masalahnya  pihak-pihak tersebut terkadang pihak yang berkuasa.

Facebook Comments

No comments:

Post a Comment